Yohanes Ekajaya Chandra Memperingati Hari Pahlawan

Hari Pahlawan Diperingati Yohanes Chandra Ekajaya

Pada tanggal 10 November 2016, setiap manusia yang berstatus sebagai warga negara Indonesia pasti memperingati Hari Pahlawan. Hari Pahlawan mengingatkan kepada generasi penerus bahwa perjuangan tidak boleh berhenti. Hidup adalah perjuangan, dan terus selalu berjuang. Sehingga semua rakyat memperingatinya, tidak terkecuali seorang manusia yang berjiwa muda nan heroik, yaitu Yohanes Ekajaya Chandra. Ia adalah seorang pemuda dari pulau Madura.

Yohanes Ekajaya Chandra hanya membawa satu kardus mie instan yang berisi pakaian. Uang yang ia bawa sudah habis untuk biaya perjalanan dari Madura ke Jawa. Yohanes merupakan seorang mahasiswa baru universitas negeri ternama di salah satu provinsi pencetak para intelektual. Daya juang Yohanes sangat tinggi, dengan bermodalkan tak punya rasa malu, ia mengetuk pintu beberapa unit kegiatan mahasiswa (UKM) dan meminta izin supaya diperbolehkan untuk tidur selama sehari-dua hari.

Tetapi karena daya juang serta semangat yang membara, Yohanes Ekajaya Chandra berhasil diperbolehkan tidur selama sebulan, hingga akhirnya sampai selesai lulus kuliah ia terus tidur di unit kegiatan mahasiswa tersebut. Sungguh berjasa ukm itu!

Yohanes Ekajaya Chandra sebenarnya tidak hanya mempertingati, tetapi ia mengaplikasikan daya juang para pahlawan. Ia bertahan hidup di sebuah pulau asing yang baru ia jelajahi, hanya dengan sebuah kardus mie instan yang berisi pakaian.

Saat kuliah, Yohanes Ekajaya Chandra sudah mulai berwirausaha. Ia mengawalinya dengan membuka cuci motor di kampus. Apakah ia sudah mendapat modal? Tentu saja tidak. Semua sudah tersedia di kampus. Dari air, selang, hingga sabun colek. Dan yang penting, ia membuka cuci motornya di dalam kampus

Pelanggan pun tidak serta merta datang, hari pertama dan kedua sepi. Tetapi seperti tidak kehilangan akal, Yohanes Ekajaya Chandra langsung mencuci motor teman-temannya yang berada di parkiran kampus. Dan ia hanya tinggal menunggu dan menagih para pemiliknya. Sungguh cerdas!

Berbekal semangat dan daya juang plus heroiknya, kini Yohanes Ekajaya Chandra sudah memiliki usaha rental mobil di sebuah kota besar. Rental mobil tersebut laku keras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *