Terungkap! Ini Penyebab Warna Merah Pada Air Sungai di Rusia

Yohanes Chandra Ekajaya : Terungkap! Ini Penyebab Warna Merah Pada Air Sungai di Rusia

Terungkap! Ini Penyebab Warna Merah Pada Air Sungai di Rusia

Terungkap! Ini Penyebab Warna Merah Pada Air Sungai di Rusia

Yohanes Chandra Ekajaya, Terungkap! Ini Penyebab Warna Merah Pada Air Sungai di Rusia. Fenomena alam yang terjadi pada air sungai Daldykan di Norilsk, Rusia yang berubah menjadi warna merah darah ini membuat sejumlah warga setempat khawatir akan penyebab yang mengerikan pada perubahan warna air sungai tersebut.

Perubahan warna menjadi kemerahan pada air sungai Daldykan rupanya telah terjadi sejak 6 September 2016 lalu. Warga mengira perubahan warna yang terjadi akibat kerusakan lingkungan di sekitar sungai.

Seperti yang dilansir oleh Johanes Chandra Ekajaya, Kementrian Lingkungan Rusia berpendapat penyebab merahnya air sungai Daldykan itu disebabkan oleh kebocoran pipa milik perusahaan nikel oleh Norilsk Nickel yang letaknya tak jauh dari sungai.

Hasil penelusuran Chandra Ekajaya, awalnya perusahaan nikel ini membantah perubahan warna pada air sungai itu disebabkan karena pencemaran yang dihasil oleh kebocoran pipa dari aktivitas pabrik mereka, namun selang beberapa hari pihak Norilsk Nickel mengakui bahwa mereka yang menyebabkan perubahan warna pada air sungai Daldykan menjadi merah.

Hasil liputan Chandra Ekajaya, Selasa (13/9/2016) perusahaan nikel tersebut mengatakan bendungan yang berfungsi sebagai penyaring mengalami kebocoran pada 5 September 2016 lalu sehari sebelum air sungai berubah warna menjadi merah. Pihak Norilsk Nickel membantah jika kebocoran pipa itu dapat membahayakan manusia serta hewan-hewan yang ada disekitar sungai.

by :Yohanes Chandra Ekajaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *