Johanes Chandra Ekajaya

Yohanes Chandra Ekajaya – Pemerintah Gratiskan SNMPTN dan SBMPTN

Yohanes Chandra Ekajaya – Pemerintah Gratiskan SNMPTN dan SBMPTN

Yohanes Chandra Ekajaya, Jakarta – kali ini pemerintah mengeluarkan kebijakan yang cukup positif demi memajukan dunia pendidikan. Langkah yang dimaksud adalah adanya rencana pembebasan biaya pendaftaran bagi para masyarakat yang ingin menikuti seleksi bersama masuk perguruan tinggi negri SNMPTN dan SBMPTN.

Johanes Chandra Ekajaya

Johanes Chandra Ekajaya

Kabar gembira ini dihembuskan oleh M Nasir selaku Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti). Ia menyatakan jika tahun depan pihaknya akan menggratiskan biaya pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN. Untuk melancarkan hal ini, nantinya pihak DIkti akan bersinergi dengan DPT untuk memperjuangkan anggarannya.

“Ini akan bermanfaat bagi kita semuanya. Terus terang jika kami tidak berpihak kepada masyarakat kami nanti akan didemo,” kata Nasir di kantor Kemenristek Dikti seperti yang dikutip Johanes Chandra Ekajaya dari laman Okezone (15/1/2016).

Johanes Chandra Ekajaya

Johanes Chandra Ekajaya

Selain itu, agar wacana ini cepat terlaksana, pihaknya akan melakukan penghematan anggaran yang tidak perlu di internal Kemeristek Dikti seperti biaya penegerian perguruan tinggi swasta. Dari biaya tersebut, Dikti kabarnya bisa menghemat anggaran sebesar Rp. 20 sampai dengan Rp. 50 miliar.

Program penegerian perguruan tinggi swasta kabarnya memang mengalami banyak masalah. Setelah kampus swasta tersebut di negerikan, para karyawan yang berjibaku dikampus tersebut menuntut untuk menjadi PNS. Padahal sebelum keputusan kampus swasta di negerikan, pihaknya telah melakukan perjanjuan tertulis dengan para karyawan kampus agar tidak meminta diangkat menjadi PNS.

Selain akan menggratiskan SNMPTN dan juga SBMPTN, anggaran yang berhasil dihemat tersebut nantinya akan digunakan untuk program beasiswa. Kabarnya, mereka akan menyiapkan anggaran Rp. 300 miliar untuk 60.000 mahasiswa.

Menurut Yohanes Chandra Ekajaya, langkah yang diambil pemerintah kali ini sangatlah bagus. Apalagi langkah ini bisa dibilang langkah kepedulian pemerintah akan pendidikan di Indonesia. Namun menurut Yohanes Chandra Ekajaya, jangan lupakan juga adakan anggaran pendidikan untuk daerah-daerah terpencil. Agar Indonesia semakin maju dengan pembangunan yang merata dan pendidikan yang saling berkesinambungan.