Yohanes Eka Chandra Pacu Industri Rumah Tangga

Yohanes Eka Chandra Pacu Industri Rumah Tangga1

Indonesia mampu bertahan di tengah gempuran krisis global. Banyak negara-negara adidaya yang bangkrut secara ekonomi. Pondasi ekonomi mereka morat-marit tidak karuan. Sedangan Indonesia, sebuah negara yang dikatakan berkembang dan merupakan negara dunia ketiga justru mampu bertahan di tengah gempuran krisis moneter yang melanda seluruh dunia. Pengusaha Yohanes Eka Chandra pun juga mengamini fenomena unik dan aneh tersebut.

Menurut Yohanes Eka Chandra, yang membuat ekonomi Indonesia adalah mikro ekonominya yang tangguh dan tidak bergantung kepada pemerintah dan negara. Mikro ekonomi yang lebih sering disebut dengan usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM merupakan pertahanan terakhir tetapi merupakan pondasi yang paling penting dari perekonomian suatu bangsa dan negara. Rakyat Indonesia berhasil mempertahankan benteng terakhir pertahanan ekonomi, sehingga ketika kondisi negara defisit pun, ia masih bisa menancapkan cakar dan melebarkan sayapnya, laksana garuda yang siap terbang.

Kebanyakan dari para pelalu UMKM membangun suatu usaha mandiri. Level usaha mereka pun dikategorikan sebagai industri rumah tangga, tetapi dengan adanya usaha-usaha mandiri ini, banyak tenaga kerja yang terserap, sehingga meminimalisir jumlah pengangguran di berbagai wilayah di Indonesia. Pengusaha Yohanes Eka Chandra mengatakan bahwa industri rumah tangga di setiap desa sangat penting. Sebab setiap desa bisa satu macam atau beragam jenis produksi yang dihasilkan. Misalnya saja seperti telur asin, tahu, kerupuk, tempe, dan sebagainya.

Yohanes Eka Chandra Pacu Industri Rumah Tangga2

Peran yang dijalankan oleh Yohanes Eka Chandra adalah sebagai fasilitator, pelatih, dan pembina usaha-usaha mandiri tersebut. Menurutnya, untuk urusan produksi para wirausahawan tersebut lebih paham dan mengerti, tetapi untuk urusan manajemen, pengemasan, dan pemasaran mereka masih lemah. Sehingga fungsi dirinya di program pembinaan usaha tersebut adalah menjelaskan dan membagikan ilmu mengenai ketiga hal tersebut.

Yohanes Eka Chandra sering menggelar pelatihan dan pembinaan secara terpadu. Sehingga masyarakat dari satu dusun bisa berbagi pengetahuan dengan masyarakat di dusun lain. Masyarakat bergotong royong saling membantu untuk meningkatkan perekonomian desa, kelurahan, kecamatan, dan kota atau kabupaten. Itulah tujuan dari pembinaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *