Johanes Chandra Ekajaya

Yohanes Chandra Ekajaya – FPI Saja Takut Sama Preman Kalijodo

Yohanes Chandra Ekajaya turut menyimak mengenai permasalahan Kalijodo Jakarta yang memang cukup menarik perhatian. Sebab setelah kejadian maut Fortuner yang menghilangkan nyawa 4 orang tersebut membuat orang nomor satu di Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau yang kerap di sapa Ahok pun turun tangan. Yang cukup ramai menjadi perhatian adalah dimana Ahok ingin menggusur tempat tersebut. Penggusuran lokalisasi tentunya akan menerima penolakan keras seperti yang pernah terjadi di Surabaya waktu itu.

Sebelum mengulas lebih jauh, Yohanes Chandra Ekajaya ingin memberikan urian singkat mengenai lokalisasi yang cukup melegenda di Jakarta ini. Berlokasi di perbatasan antara Jakarta Barat dan Jakarta Utara, lokalisasi Kalijodo ini memiliki kurang lebih 60 bangunan yang dinamakan dengan kafe karaoke. Setiap satu kafe karaokenya, biasanya dihuni oleh 15 hingga 20 pekerja seks komersial.

Sama seperti lokalisasi-lokalisasi lainnya, Kalijodo juga memiliki sistem pengamanan yang kuat, atau bahasa kasarnya disebut juga dengan preman-preman penunggu lokalisasi tersebut. Salah seorang warga Kalijodo bahkan mengungkapkan kalau preman-preman tersebut bahkan menjaga ketat lokalisasi tersebut dengan sangat kondusif. Seorang narasumber yang enggan menyebutkan namanya tersebut juga mengungkapkan bahwa setiap satu kafe yang ada di Kalijodo dijaga oleh setidaknya minimal 1 preman.

Johanes Chandra Ekajaya (2)

Ia menambahkan bahwa dahulu pernah FPI ingin menetralisasikan lokalisasi tersebut, ada kurang lebih 8 mobil FPI yang datang kesana. Namun karena yang menjaga (preman Kalijodo) membawa tombak semua, maka FPI pun tidak berani sampai masuk ke kawasan tersebut.

Sumber lain juga menyebutkan bahwa dahulu pada tahun 2011 juga pernah terjadi keributan yang mengerikan di Kalijodo karena perebutan lapak. Pada saat itu perang pun tak terhindarkan, dimana banyak sekali preman yang datang membawa parang, pedang, panah dan tombak. Bahkan ia juga menambahkan bahwa mungkin bisa jadi ada yang membawa granat.