Yohanes Chandra Ekajaya Cara Mengatasi Android Bootloop, Mati Total, dan Tidak Mau Start

Yohanes Chandra Ekajaya Cara Mengatasi Android Bootloop, Mati Total, dan Tidak Mau Start

Kasus smartphone Android bootloop, mati total, atau secara tiba-tiba tidak bisa restart sering terjadi dan dialami para pengguna Android. Masalah ini kerap membuat panik, dan putus asa. Bagaimana cara mengatasi smartphone Android boot loop, atau mati total ?

Yohanes Chandra Ekajaya Cara Mengatasi Android Bootloop, Mati Total, dan Tidak Mau Start

Dalam artikel ini Yohanes Chandra Ekajaya seorang teknisi smartphone android yang sudah berpengalaman akan menjelaskan dan mengajari cara penanganan smartphone yang sedang dalam konsisi bootloop

 

Cara mengatasi Android bootloop paling sederhana dan mudah adalah mengembalikan ke “setelan pabrik” atau “ Factory Reset “ melalui Recovery Mode, ungkap Yohanes Chandra Ekajaya.

 

Buat Anda yang belum tahu Factory Reset, Yohanes Chandra Ekajaya menjelaskan, bahwa Factory Reset adalah mengembalikan setelan smartphone Android pada kondisi awal, seperti saat pertama kali beli, alias setelan langsung dari pabrik.

 

Berikut beberapa Jenis Bootloop Android yang pelu diketahui menurut Yohanes Chandra Ekajaya:

 

Pertama, Android Light Bootloop

 

Biasanya karena pengguna ponsel Android,tablet pada saat pemakain normal,Install Aplikasi, main game, dsb, tapi tiba-tiba Android, Tablet anda Reboot atau Restart otomatis, namun saat dihidupkan lagi hanya sampai logo saja dan berhenti disitu.

 

Kedua,Android Medium Bootloop

 

Biasa mucul akibat pengguna mengutak-atik Android dan masuk ke System Recovery, yang biasa digunakan untuk membuka system (rooting). Ini termasuk kategori kerusakan menengah.

 

Ketiga, Android Hard Bootloop

 

Android hard bootloop terjadi karena kita mengedit sricpt dalam Android . Contohnya, Meng-upgrade OS, biasanya jika kita bermaksud mengedit sricptnya kita harus rooting Android kita supaya bisa masuk ke system admin android. Bootloop Android jenis ini biasanya memiliki ciri saat dinyalakan hanya sampai logo saja, tak bergerak lagi.

 

Umumnya hampir setiap permasalahan pada HP dan tablet Android bisa diatasi dengan melakukan langkah Factory Reset. Namun, langkah ini bisa berdampak pada kehilangan data-data penting yang telah di-install sebelumnya, sehingga perlu melakukan install ulang.

 

Sebaiknya, lakukan Factory Reset sebagi opsi terakhir, jika semua alternatif solusi sudah dilakukan dan belum berhasil. Jika yakin, tidak ada solusi dan cara mengatasi android boot loop, mati total, atau tidak bisa start, maka Anda bisa melakukan langkah “Factory Reset”. Demikian yang diungkapkan oleh Yohanes Chandra Ekajaya sebagai seorang teknisi smartphone berpengalaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *