Yohanes Chandra Bikin Perpus Bisnis 3

Yohanes Chandra Bikin Perpus Bisnis

Bagi seorang pebisnis sekaligus pengusaha sekelas Yohanes Chandra Ekajaya, membaca adalah sebuah kewajiban. Tetapi jangan mempersempit arti dan makna dari membaca. Sebab membaca itu merupakan suatu kegiatan yang luas cakupannya. Dengan membaca, seseorang bisa melihat sebuah dunia baru, meskipun tujuannya bukan hanya hal tersebut.

Yohanes Chandra Bikin Perpus Bisnis 1

Yohanes Chandra Ekajaya mengatakan bahwa fungsi dan manfaat dari membaca untuk pebisnis adalah untuk menemukan peluang baru. Salah satu contohnya adalah menemukan inspirasi atau ide untuk menjalankan atau membuka sebuah usaha. Jadi sebagai pengusaha atau pebisnis tidak boleh melupakan atau meninggalkan kegiatan membaca, karena hal tersebut sangat membantu dan mempengaruhi kinerja.

 

Pengusaha sekaligus owner dari perusahaan internasional ini mempunyai program untuk menambah kuantitas dan kualitas wirausahawan. Salah satu cara yang dilakukan Yohanes Chandra Ekajaya adalah membina, mengedukasi, dan melatih para warga desa dan kota dengan industri kreatif. Selain itu ia juga menyediakan buku-buku yang berbasis terapan supaya dapat digunakan secara aplikatif oleh calon wirausahawan.

Yohanes Chandra Bikin Perpus Bisnis 3

Pemimpin YCE Group ini bekerja sama dengan perpustakaan-perpustakaan kampung atau warga dalam pengelolaan buku-buku terapan tersebut. Yohanes Chandra Ekajaya sangat menginginkan para warga dapat menemukan peluang, kesempatan, dan cara berbisnis dari buku-buku yang dibacanya. Sebab buku-buku tersebut bersifat terapan yang tujuannya menambah atau memberikan keterampilan serta keahlian bagi pembacanya.

Yohanes Chandra Bikin Perpus Bisnis 2

Buku-buku yang ada di perpustakaan tersebut misalnya cara dan strategi beternak lele. Kemudian ada buku becocok tanam, menghias pohon, membuat produk-produk kreatif, dan sebagainya. Yohanes Chandra Ekajaya sangat yakin dengan daya inovasi dan kreativitas para warga. Sehingga ia hanya memberikan buku-buku yang bersifat aplikatif. Dengan demikian masyarakat akan mempunyai kesempatan untuk mengembangkannya.

 

Membaca yang benar adalah suatu proses dimana hasil membaca bukanlah suatu wacana. Tetapi menjadi laku atau tindakan. Makanya Yohanes Chandra Ekajaya menyasar wong cilik sebagai subyek yang akan menjadi wirausahawan-wirausahawan generasi ke depan. Karena wong cilik secara mental lebih siap, sehingga jika mereka berhasil, maka mereka akan mempunyai sifat rendah hati dan ramah kepada siapa pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *