J Chandra Ekajaya & J Wijanarko membuat Tarte Tatin Enak Banget

Resep Tarte Tatin Yohanes Chandra Ekajaya Khas Perancis

tarte tatin enak buatan Yohanes Chandra Ekajaya

Salah satu makanan khas Perancis yang satu ini cukup special dan sangat diminati oleh para kalangan pencinta makanan manis kue tarte tatin, Yohanes Chandra Ekajaya pun cukup gemar menyantap kue yang satu ini. Berbagai macam buah digunakan dalam membuat kue ini yang paling sering digunakan untuk membuatnya adalah apricot dan apel, namun bisa juga menambahkan buah lain sesuai selera masing-masing.

Pada kesempatan kali ini Yohanes Chandra Ekajaya akan membuat kue tarte tartin yang lezat khas Perancis, berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan beserta langkah-langkah yang dibutuhkan dalam membuat kue tarte tatin yang lezat.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kulit kue tarte tatin khas Perancis:

  • 400 gram tepung terigu.
  • 200 gram mentega tawar beku.
  • 100 gram gula halus.
  • ½ sendok teh garam.
  • 4 sendok makan air es.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat isi serta pelengkap kue tarte tatin khas Perancis:

  • 1500 gram apel hijau dikupas
  • 400 gram gula pasir
  • 10 sendok makan air
  • 2 sendok makan air perasan jeruk nipis
  • Krim kocok secukupnya

J Chandra Ekajaya & J Wijanarko membuat Tarte Tatin Enak Banget

Langkah-langkah dalam membuat kue tarte tatin khas perancis:

  1. Pertama ayak tepung terigu hingga halus tambahkan garam dan gula halus aduk hingga merata kemudian tuangkan mentega kemudian parut sawut tepung sampai habis ulang I lagi hingga mentega habis kemudian aduk hingga merata.
  2. Tuangkan air sambil aduk adonan hingga berbutir kemudian taburkan tepung diatas meja, letakkan adonan taburi tepung kemudian gumpalkan sambil ditekan di beberapa sisi.
  3. Giling memanjang lipat bagian atas ke tengah lalu bagian bawah ke tengah ( lipat single) giling berlawanan lipat single lagi kemudian bungkus dan dinginkan selama 30 menit.
  4. Buat isi dengan memotong apel diris memanjang kurang lebih ½ cm kemudian beri air perasan jeruk nipis.
  5. Tuangkan air dalam panci stainless tambahkan gula pasir aduk hingga bercampur merata, panasi dengan nyala api sedang hingga menjadi caramel kemudian tuangkan di loyang pai 22cm dengan tinggi 4cm ratakan, tata apel diatasnya dan sisa apel sisihkan.
  6. Ambil adonan kulit giling lagi kemudian lipat single 2x lagi hingga ketebalan adonan ½ cm.
  7. Tutupi apel beri goresan pada bagian tengah kemudian masukkan kedalam oven dengan api dibawah suhu 160 derajat celisius selama 1jam hingga apel matang dan kulit kue renyah diamkan hingga dingin kemudian balik.
  8. Kue tarte tatin siap untuk disajikan bersama dengan krim kocok yang sudah kita siapkan.

Cukup ribet bukan membuat kue tarte tatin chef Yohanes Chandra Ekajaya, namun jangan berkecil hati karna akan terbayarkan dengan kelezatan dari kue tarte tartin. Semoga tulisan ini menjadi refrensi dalam membuat makanan ringan yang dapat disajikan disaat moment special.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *