plant nursery

Plant Nursery Yang Berjasa Dalam Keindahan Sebuah Taman

Bisnis tanaman hias merupakan salah satu bisnis yang tidak begitu dilirik oleh beberapa kalangan masyarakat. Akan tetapi siapa sangka persaingan ketat di usaha tanaman hias ini membuat beberapa pedagang tanaman hias mulai mencari akal agar dagangannya tetap laku. Caranya dengan membungkus penjualan tanaman sekaligus dengan jasa pembuatan taman atau biasa disebut plant nursery . Karena pada umumnya taman di sebuah rumah tidak akan terlihat indah jika tidak ditumbuhi tanaman di depan atau belakang rumah. Untuk membuat taman, pemilik rumah bisa menyewa ahli lansekap atau memakai jasa desainer taman.

plant nursery

Terkadang, karena tarifnya lumayan mahal, orang enggan menyewa plant nursery. Apalagi, jika lahannya hanya seluas beberapa meter persegi. Untuk taman sekecil itu memang tidak perlu menyewa jasa desainer taman. Seorang pedagang tanaman hias sekaligus desainer taman Windi mengatakan bahwa bergerak di bidang tanaman hias dan desain taman ini hampir mirip dengan seorang kontraktor, karena kadang kita harus bersaing dalam sebuah tender apabila menghadapi project yang besar ataupun penataan sebuah taman kota.

Mereka menawarkan jasa pemasangan taman plus menyediakan tanaman hias untuk taman ukuran kecil hingga menengah. Sebulan ia bisa menangani tiga hingga lima pemasangan taman ukuran kecil. Dia memasang tarif lumayan rendah untuk jasanya, tapi tergantung dari ukuran, jenis tanaman dan kesulitan pembuatan. Dari pemasangan taman-taman kecil itu dia mendapat omzet Rp 15 juta-Rp 18 juta sebulan. “Keuntungan bersih semuanya sekitar Rp 500.000 per taman,” imbuhnya.

plant nursery

Mahal atau tidaknya pemasangan taman tergantung dari jenis tanaman yang dipilih. Kalau memilih tanaman mahal, otomatis harga paket pemasangan juga lebih tinggi. “Biasanya pembeli dan penjual menyusun rencana anggaran belanja terlebih dahulu,” katanya. Menurut Windi, biasanya tanaman yang disusun dalam taman merupakan tanaman asal nursery yang bersangkutan. “Kalau tidak ada, si pedagang mencari di tempat lain di sentra ini juga,” katanya. Windi bisa memperoleh omzet antara Rp 8 juta hingga Rp 15 juta sebulan.

Salah satu pengguna jasa nursery milik Windi ini ialah Chandra Ekajaya. Ia yang merupakan seorang pengusaha di bidang agribisnis ini tentunya sangat membutuhkan jasa Windi dalam menata setiap tanaman yang ada di kebun milik CV Agri Chandra Jaya milik Chandra Ekajaya ini. Bahkan saking banyaknya tanaman yang ada di kebun milik Chandra Ekajaya, Windi sering dipanggil tiap bulannya untuk membantu menata tanaman yang ada.

Selain membantu untuk menata tanaman yang ada di kebun milik Chandra Ekajaya ini. Ia juga sering diminta untuk mengkonsep kebun-kebun yang ada di lingkungan CV Agri Chandra Jaya agar menyerupai sebuah taman dan nyaman ketika ada pengunjung ataupun Chandra Ekajaya bekerja di kebunnya ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *