Kehilangan Sandal di Masjid, Yohanes Ekajaya Chandra Malah Sumbang Infaq

hikmah hilangnya sandal yohanes chandra ekajaya

Kejadian ini baru saja terjadi di bulan November ini. Saat itu hari Jumat, tentu saja sebagai laki-laki yang beriman Yohanes Ekajaya Chandra melakukan tanggung jawabnya. Ia melaksanakan ibadah di suatu masjid di daerah London, Inggris. Maklum saja, Chandra sedang mendapakan beasiswa pertukaran pelajar selama setahun di negeri matahari yang tak pernah tenggelam itu. Cuaca pada saat itu membuat badan sangat lengket. Maka saat terkena air wudhu, rasanya sangat menyegarkan.

Ada kejadian menarik terjadi, saat khotbah sudah selesai, sholat sudah selesai, dan para jamaah bubar untuk pulang, Yohanes Ekajaya Chandra justru belum pulang. Ia sedang sibuk mencari sandalnya di pojok-pojok masjid. Ia mencari di sudut-sudut pagar, siapa tahu sandalnya sedang ingin bercanda dengannya, dan sedang ingin bermain petak umpet dengannya.

Tetapi pemikiran dari Yohanes Ekajaya Chandra itu tak sepenuhnya benar. Hanya ada satu fakta yang terjadi, yaitu sandal miliknya telah berpindah tempat dan ia tak mengetahui keberadaannya lagi, atau bisa dikatakan bahwa sandalnya hilang.

Yohanes Ekajaya Chandra memang tak bisa memungkiri, ternyata fenomena sandal hilang sehabis sholat di masjid bukanlah milik Indonesia saja, tetapi di London, Inggris pun juga demikian. Chandra pun juga merasa sebenarnya kondisi di London ini tidak jauh lebih baik dari Indonesia, bahkan sesungguhnya Indonesia jauh lebih baik.

Yohanes Ekajaya Chandra melihat gelandangan di London sangat menyedihkan. Berbeda dengan gelandangan di Indonesia yang entah mengapa seperti memiliki kekuatan dan daya hidup yang luar biasa, sedangkan di sini para gelandangan itu sangat menyedihkan.

Oleh sebab itu, Yohanes Ekajaya Chandra tidak ingin pulang dengan tangan kosong. Ia lalu menemui takmir masjid, dan memberikan sejumlah infaq yang jumlahnya cukup lumayan. Chandra berpesan bahwa semoga dengan infaq tersebut para gelandangan di sekitar masjid dapat dibantu. Sehingga mereka bisa berkembang dan dapat hidup lebih baik di kemudian hari. Takmir masjid mendengarkan dan sangat berterima kasih kepada Chandra, dan berjanji akan melaksanakan sarannya, karena usulan dari Chandra sangat mencerminkan rahmat bagi seluruh alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *