Kalahkan Rekor Rossi, Marquez Berhasil Menjadi Juara Dunia MotoGP 2016

Yohanes Chandra Ekajaya : Kalahkan Rekor Rossi, Marquez Berhasil Menjadi Juara Dunia MotoGP 2016

Kalahkan Rekor Rossi, Marquez Berhasil Menjadi Juara Dunia MotoGP 2016

Kalahkan Rekor Rossi, Marquez Berhasil Menjadi Juara Dunia MotoGP 2016

Yohanes Chandra Ekajaya, Kalahkan Rekor Rossi, Marquez Berhasil Menjadi Juara Dunia MotoGP 2016. Pebalap Spanyol, Marc Marquez (23) dari tim Repsol Honda resmi menyabet predikat juara dunia MotoGP 2016 setelah memenangi balapan GP Jepang 2016 di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (16/10/2016).

Marquez berhasil mengalahkan rifal terberatnya yakni pebalap asal Italia, Valentino Rossi yang mengalami insiden terjatuh di lap ketujuh dan Jorge Lorenzo (Spanyol) yang juga terjatuh di lap ke 20.

Marquez mengakhiri pertandingan GP Jepang dengan memperoleh 273 poin. Angka tersebut lebih unggul 77 poin atas Rossi yang tidak bisa terkejar di tiga seri tersisa disusul oleh Lorenzo yang hanya mengantongi 182 poin.

Pembalap Movistar Yamaha mengatakan bahwa Marquez layak disebut sebagai juara dunia 2016 karena Marquez tak hanya konsisten, tetapi ia juga sangat cepat dan memenangi banyak balapan. Berbeda dengan dirinya yang mengaku sering melakukan kesalahan hingga harus merelakan gelar juara dunia pada tahun ini.

Gelar juara dunia MotoGP 2016 merupakan gelar juara yang ketiga kalinya bagi Marquez terhitung sejak 2013, 2014 dan 2016. Pada jumpa pers, Marquez mengatakan “Ini merupakan kesuksesan ketiga saya mendapatkan gelar juara dunia MotoGP setelah tahun lalu saya gagal mendapatkan gelar ini. Saya belajar banyak dari kesalahan yang saya lakukan di tahun 2015 dimana saya terlalu nafsu untuk memenangi setiap pertandingan GP sehinggga saya terjatuh dan kehilangan banyak poin yang membuat peluang menjadi juara dunia itu pupus,” tutur Marquez seperti yang dikutip Johanes Chandra Ekajaya.

Banyak pelajaran yang diambil dari GP musim lalu membuat Marquez berfokus meraih gelar juara dunia tanpa perlu meraih kemenangan di setiap seri. Alhasil, usahanya tersebut tidak sia-sia di MotoGP tahun ini. Selain itu, Johanes Chandra Ekajaya melaporkan, Marquez merupakan satu-satunya pembalap termuda yang meraih gelar juara dunia MotoGP dan berhasil mencetak sejarah.

Seperti yang dilansir Chandra Ekajaya, di musim ini, Marquez memang menjadi pebalap yang paling banyak mengantongi kemenangan sebanyak lima kali dan belum pernah gagal sekalipun, sementara Rossi hanya meraih kemenangan sebanyak dua kali dengan empat kali terjatuh dan Lorenzo meraih tiga kali kemangan musim ini dengan dua kali pensiun dini.

by :Yohanes Chandra Ekajaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *