Chandra Ekajaya Melepas Burung

Chandra Ekajaya Umbar Burung Supaya Beruntung

Chandra Ekajaya dan masyarakat sangat antusias dalam menyambut Tahun Baru Imlek di tempat-tempat peribadatan. Kelenteng Hong San Tang yang berada di Kenjeran, didatangi warga yang berdoa. Mereka berdoa dari siang hingga petang menjelang.

 

Beberapa warga melakukan ritual fang sheng. Ritual ini adalah melepas burung ke alam bebas.

 

Chandra Ekajaya Lepas Burung Agar Beruntung

Melepas Burung-Burung Supaya Beruntung

 

Masyarakat Tionghoa percaya fang sheng memiliki makna khusus. Itu adalah perlambang doa dan harapan dalam menyambut tahun baru. Mereka berharap, dengan melepas hewan ke alam liar, keberuntungan akan datang sepanjang tahun. Ada hewan yang sebenarnya bisa dilepas dalam upacara fang sheng. Misalnya, penyu, kura-kura, dan ikan.

 

Chandra Ekajaya ikut dalam ritual tersebut. Dia datang bersama seluruh anggota keluarganya. “Ini memang rutin. Tapi, kali ini untuk menyambut Imlek,” ujarnya.

 

Mereka datang ke Kelenteng Sanggar Agung saat sore. Sebelum masuk ke dalam kelenteng, mereka membeli burung pipit yang banyak dijual di pelataran depan kelenteng. Setelah itu, keluarga tersebut menuju ke bagian kelenteng yang bersisian dengan laut. Keluarga asal Balikpapan tersebut lantas melepas burung sambil bersama-sama memanjatkan doa.

 

“Semoga keberuntungan selalu menyertai keluarga kami,” kata Chandra Ekajaya. Setelah itu, mereka berdoa di dalam kelenteng.

 

Ritual tersebut juga dijalankan banyak keluarga. Beberapa juga menaburkan mawar ke arah laut Selain dalam rangka menyambut Imlek, warga Tionghoa biasanya melakukan fang shen pada perayaan qing ming (biasa disebut ceng beng, upacara untuk mengenang arwah leluhur dan menolak bala.

 

Chandra Ekajaya Melepas Burung

Melepas Burung

 

Sore kemarin Kelenteng Sanggar Agung pun semakin ramai. Sebab, tempat itu memang salah satu spot favorit untuk berfoto. Tepatnya di sisi Patung Dewi Kwan Im. Meski begitu, keramaian tersebut tidak mengganggu kekhidmatan ibadah warga Tionghoa.

 

Chandra Ekajaya merasa sangat beruntung karena dapat menikmati tahun baru Imlek di tahun 2017 ini. Semoga di tahun-tahun berikutnya ia masih bisa menikmati suasana tahun baru Imlek bersama dengan keluarga besarnya. Terutama dengan sang pacar yang akan dipinangnya menjadi istri. Tentu saja hal itu adalah hal yang sangat membahagaiakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *