Dok.Chandra Ekajaya

Chandra Ekajaya Merawat Sepatu Bahan Suede

Chandra Ekajaya adalah salah satu penggemar dan juga pengoleksi sepatu. Berbagai jenis sepatu sudah dirinya punya mulai dari sepatu kulit, sepatu boot dan juga sepatu suede. Sepatu merupakan cerminan dari pemakainya, sepatu bisa mencerminkan identitas pemakai sepatu tersebut

.Dok.Chandra Ekajaya

Bukan hanya mengoleksi dan dibiarkan begitu saja sepatu yang dikoleksi. Chandra Ekajaya juga merawat dengan rajin koleksi sepatunya. Cara untuk merawat setiap jenis sepatu pun berbeda, agar terlihat awet dan bersih tentunya tidak sembarangan dalam merawatnya. Kali ini Chandra Ekajaya akan berbagi merawat sepatu bahan suede.

Sepatu bahan suede memang cocok dipakai oleh pria atau wanita. Jika dilihat secara kasat mata terkadang orang akan salah paham ketika melihat bahan sepatu suede dengan jenis beludru. Sekilas bahan ini hampir terlihat sama namun sebenarnya jika dilihat secara detail berbeda jauh. Suede sendiri berbahan dasar kulit sapi, sedangkan beludru terbuat dari bahan sintetis seperti rayon, katun atau polyester.

Dok.Chandra Ekajaya

Menurut Chandra ekajaya sepatu suede seperti kulit yang harus dilindungi dengan sunscreen supaya tidak mudah rusak. Terlebih apabila situasi cuaca yang tengah ekstrem atau tidak bersahabat seperti sangat panas, dingin, atau lembap, alas kaki juga harus mendapat perhatian khusus. Chandra Ekajaya juga nmenyarankan untuk memakai spray khusus sebagai pelapis luar sepatu agar aman tidak terkena debu dan air.

Hal yang terkadang salah kaprah adalah saat proses pencucian sepatu dilakukan menghilangkan noda. Untuk bahan suede yang berbahan kulit masih banyak yang menggunakan pembersih mengandung sabun yang malahan membuat sepatu warnanya pudah dan juga lapisan kulit cepat mengelupas.

Pengusaha Chandra Ekajaya memberikan cara ketika akan menghilangkan noda membandel di sepatu bahan suede yang sulit dihilangkan, gunakan sikat gigi dan celupkan pada air, sikat kembali secara perlahan dengan pola searah. Cara searah ini agar tidak cepat rusak dan sikatlah secara perlahan.

Perawatan yang baik dan sesuai dengan jenis sepatunya diharapkan membuat sepatu berbahan suede akan awet dan tidak cepat rusak. Chandra Ekajaya juga menyarankan jika tidak sempat untuk membersihkan sepatu sendiri, bisa memberikan sepatu kepada jasa pembersih sepatu yang pastinya harus memilih yang sudah expert dan bisa dipercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *